Faktor Pendorong Integrasi Nasional

Faktor-faktor pendorong terbentuknya integrasi nasional Indonesia guna mencapai kekuatan persatuan dan kesatuan yang optimal bisa dilakukan dengan cara-cara dan sikap-sikap sebagai berikut :
      1.   Kepercayaan dan toleransi
Kepercayaan berarti pengakuan bahwa pihak lain tidak membahayakan keberadaan suatu kelompok. Tanpa sikap saling percaya tersebut tidak mungkin bisa dibangun kehidupan bersama yang bebas ancaman. Sedangkan toleransi menuntut kekuatan pribadi yang yakin akan kebenaran dalam budayanya dan agamanya. Tetapi, terbuka untuk mengetahui keberadaan perbedaan yang dimiliki pihak lain. Tanpa sikap saling percaya dan toleransi mustahil diwujudkan dunia yang aman, tenteram, dan sejahtera.
2.   Sikap Mindfullness
Sikap acuh terhadap sesama merupakan sikap negatif yang dapat memicu konflik. Oleh karena itu, sikap tak acuh juga disebabkan sikap tak saling terganggu.
3.   Fundamentalisme dan keterbukaan
      Fundamentalisme adalah memutlakkan pendapat seseorang mengenai kebenaran, ideologi, atau agama yang dianut. Fundamentalisme hanya mengakui satu kebenaran, yaitu kebenaran milik sendiri. Untuk itu, diperlukan sikap keterbukaan agar terjadi saling mengemukakan pendapat sehingga tidak terjadi multitafsir serta menciptakan kesepakatan mengenai kebenaran suatu hal.
 
sumber :http://zona-pelajar.blogspot.com/2011/03/berbagai-faktor-pendorong-terbentuknya.html
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Faktor Pendorong Integrasi Nasional"

Posting Komentar